Blogger Widgets

Sabtu, 11 Februari 2012

PIDATO
Tema : Kerusakan Lingkungan

Bismillahirrahmanirrahim
,Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Alhamdullilahhi robil alamin wabihi nas tainu wa’ala umurid’dunya wadin waala alihi wasahbihi azmain. amabadu
yang terhomat Ibu guru bahasa Indonesia, serta rekan-rekan sekalian yang saya banggakan.
Puji dan syukur marilah Kita panjatkan ke hadirat Allah SWT, karena atas izinnya kita semua dapat berkumpul di ruangan kelas ini yang insya Allah dalam keadaan sehat wal afiat.
Pada kesempatan ini Saya akan menyampaikan pidato yang bertemakan kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh manusia.
Manusia sebagai penguasa lingkungan hidup di bumi berperan besar dalam menentukan kelestarian lingkungan hidup. Manusia sebagai makhluk ciptaan Allah yang sempurna Dari mahluk hidup lainnya. Namun sayang, seringkali apa yang dilakukan oleh manusia tidak diimbangi dengan pemikiran akan masa depan kehidupan generasi berikutnya. Banyak kemajuan yang diraih oleh manusia membawa dampak buruk terhadap kelangsungan lingkungan hidup, misalnya seperti pencemaran lingkungan limbah pabrik, polusi udara, banjir, serta penebangan hutan.
Bencana bisa terjadi dimana-mana di suatu lokasi atau daerah tertentu, bahkan di belahan bumi tertentu. Demikian halnya dengan kerusakan yang dilakukan oleh perseorangan, kelompok, daerah tertentu bahkan negara tertentu. Allah swt telah menjadikan bumi ini untuk manusia sebagaimana firman-Nya, ”Dialah Allah yang menjadikan untukmu segala yang ada di bumi...”(Q.S.Al-Baqarah:29)
Bila kita cermati, antara komponen yang satu dengan komponen yang lain saling terkait. Misalnya, Allah menjadikan oksigen yang merupakan komponen yang sangat penting bagi kehidupan manusia dan juga binatang, yang dihirup oleh manusia saat berlangsungnya proses pernapasan dan kemudian manusia mengeluarkan karbon dioksida yang sangat diperlukan oleh tumbuh-tumbuhan. Jadi antara manusia dengan tumbuh-tumbuhan mempunyai hubungan yang salingterkait.

Boleh jadi bencana banjir, tanah longsor, dan lain sebagainya yang terjadi di negeri ini, sebagai akibat dari kerusakan alam yang disebabkan oleh ulah manusia yang tidak bertanggung jawab. Kita simak firman Allah, yang artinya ”Dan carilah pada apa yang Allah telah berikan kepadamu (kebahagiaan) kampung akhirat, dan janganlah kamu melupakan kebahagiaanmu dari (kenikmatan) dunia, dan berbuat baiklah (kepada orang lain)-sebagaimana Allah telah berbuat bait kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di muka bumi, sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan”(Q.S Al- Qasas 28:77).
Hadirin yang berbahagia,
Marilah kita semua sama-sama menjaga dan merawat lingkungan alam kita mulai dari hal yang terkecil seperti membuang sampah pada tempatnya, karena dampak dari kerusakan lingkungan yaitu sangat berpengaruh pada kehidupan kita sehari-hari dan merugikan bagi generasi-generasi penerus, kalau bukan kita (manusia)yang merawat siapa lagi?
Saya cukupkan pidato ini, bila ada perkataan yang kurang berkenan di hati rekan-rekan sekalian saya mohon maaf, karena kesempurnaan hanyalah milik Allah seorang dan kesalahan milik saya pribadi.
Wabillahi taufiq wal hidayah
Wasalamualikum warahmatullahi wabarakatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar