Blogger Widgets

Rabu, 06 April 2016

Profil kelompok Raksa Yuda Kecamatan Klari

Kelompok Budidaya Perikanan
RAKSA YUDA
1. Sejarah Terbentuknya Kelompok
Kelompok pembudidaya ikan Raksa Yuda sebenarnya telah lama berdiri, yaitu pada tanggal 01-01-2007 dengan nama kelompok Raksa Yuda. Pengambilan nama Raksa Yuda sendiri yaitu diambil dari nama kepala desa ke-3 Desa Curug. Kelompok yang awalnya berjumlah 10 orang ini pernah dikukuhkan pada tahun 2009 namun seiring dengan kegagalan pada proses budidayanya kelompok inipun padam dengan sendirinya, dan dikukuhkan kembali pada bulan mei 2014 ini dengan penambahan kelompok hingga mencapai 23 anggota. Kelompok ini terletak di dusun Munjul kidul Desa Curug Kecamatan Klari Kabupaten Karawang dengan luas kolam berkisar 21 Ha, kolam yang digunakan yaitu kolam tanah dengan komoditas ikan lele sangkuriang, ikan nila, ikan mujaer, dan ikan bawal.
2. Tujuan dan Visi Misi Kelompok
Pembentukan Kelompok RAKSA YUDA ini bertujuan untuk :
1.      Memanfaatkan lahan yang potensial untuk usaha budidaya ikan
2.      Menjalin silaturahmi sesama pembudidaya ikan (anggota)
Visi Kelompok adalah membangun masyarakat yang mampu memanfaatkan dan melakukan kegiatan budidaya perikanan dengan potensi lahan yang ada.
Misi kelompok adalah memajukan kesejahtraan anggota kelompok melalui kegiatan usaha bersama.
3. Aktivitas Kelompok
Kelompok Pembudidaya Ikan Raksa yuda selain memiliki kegiatan usaha dibidang budidaya pembesaran ikan lele, nila dan bawal pada kolam tanah, kelompok ini juga sering melakukan pertemuan kelompok yang gunanya untuk mengevaluasi hasil kegiatan budidaya serta membicarakan kekurangan serta kendala dalam proses budidaya, apabila menemui kesulitan kami senantiasa bertanya dan berdiskusi dengan penyuluh perikanan dari BP3K kecamatan Klari.


4. Sarana dan Prasarana
Sarana dan prasarana yang dimiliki oleh kelompok adalah  berupa kolam tanah dengan luas lahan 2,1 Ha dengan jumlah kolam sebanyak 23 kolam. Selain itu sarana yang dimiliki berupa jarring, cangkul, seser, dan ember. Modal usaha kelompok diperoleh dari modal pribadi anggota.
5. Pendampingan
Pendampingan pada kelompok Budidaya ikan Raksa Yuda dilaksanakan oleh Penyuluh Perikanan Wilayah Binaan Kec. Klari (BP3K). Pendampingan oleh Penyuluh Perikanan dilakukan 1-2 kali dalam 1 bulan dengan didominasi menggunakan metode kunjungan lapangan dan diskusi serta demonstrasi contoh.
Data Kelompok
Tanggal Berdiri
01-01-2007
No. SK Pengukuhan
06/524/V/2014
Tgl. SK Pengukuhan
23 Mei 2014
Wilayah Kelompok
Jawa Barat
Desa
Curug
Kecamatan
Klari
Kabupaten
Karawang
Jumlah anggota
15 Orang
Jenis Usaha
Budidaya Ikan





Penyuluh Pembina
NIP
19580807 198003 1 011
Nama Penyuluh
Sahidiah, A.Md.
Lembaga Penyuluh
Dinas Kelautan & Perikanan Kab. Karawang


Susunan Pengurus Kelompok
Ketua
Heri Sukari
Sekertaris
Iwan Setiawan
Bendahara
Surya Bin Niin
No.Hp
085211295166
Jumlah Anggota
15 orang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar